Halaman

Cari Artikel Property

Trik Sewa Rumah

Trik Sewa Rumah??? Menyewa rumah tak hanya memperhatikan lokasi dan harga hunian namun juga mencermati desain plus konstruksi bangunan. Bisa dibayangkan ketika Anda mantap memilih desain rumah yang bagus, namun konstruksinya rapuh bahkan fasilitas didalamnya kurang mendukung. Pasti Anda tak ingin, bukan?

Ayo segera cek dan buatlah daftar alias check list untuk ‘calon’ rumah terbaru:

* Cek bagian atap
Untuk mengecek bagian teratas dari rumah ini memang tidak mudah. Anda perlu menyuruh tukang untuk memastikan hunian yang Anda sewa dalam keadaan baik. Pastikan kerangka kayu tidak lapuk. Jangan sampai atap rumah dalam keadaan rapuh sehingga membahayakan nyawa Anda sekeluarga. Perhatikan juga genteng, apakah masih dalam kondisi yang baik.

* Cek kamar mandi
Disini, Anda perlu memastikan kamar mandi masih dalam keadaan yang bukan sekedar bersih. Perhatikan saluran air, apakah masih berfungsi baik, kran tidak terus menetes (saat dimatikan), ubin keramik masih terpasang dengan baik, begitu juga dengan sirkulasi udara dan pencahayaan di kamar mandi tersebut. Pastikan sinar matahari dapat langsung masuk sehingga mengurangi pengap dan membuat ruangan tetap higienis.

Coba siram kloset dengan air untuk memeriksa saluran air tidak mampet.

Jika menemukan jumlah kamar mandi lebih dari satu, pastikan ruangan ini nyaman digunakan oleh Anda sekeluarga maupun tamu.

* Cek dinding rumah
Ada banyak problem yang Anda temui jika tidak teliti mengecek dinding. Misalnya dinding yang lembab, retak, kopong (berongga karena kurang semen), banyak bekas paku atau lubang paku, flek rembesan air, dan sebagainya.

Pastikan dinding ini mendukung hunian Anda tidak rawan gempa, apalagi saat ini banyak terjadi guncangan gempa. Untuk mengeceknya, coba paku pojok ruangan. Jika paku Anda bengkok, berarti dinding dibangun dengan kerangka beton dan aman untuk membangun rumah. Dan biasanya harga hunian menjadi lebih mahal.

Cermati juga water proofing yang teraplikasi pada dinding. Usahakan masih berfungsi baik sehingga tidak menimbulkan flek (noda) di dinding.

* Cek ada atau tidak : ‘penghuni’ lain
Maksudnya disini, Anda perlu mengecek apakah ada rayap, tikus, kecoa, semut, dan sebagainya, yang bisa menganggu hunian dan Anda nantinya. Tak hanya mengundang merusak perabot namun juga mengundang kuman.

* Cek sumber air
Anda dapat memastikan sumber air bersih yang dapat digunakan di rumah tersebut, apakah berasal dari PAM atau air tanah. Tanyakan kepada tetangga atau orang sekitar.

* Cek saluran pembuangan air
Periksalah kemana arah air dari kamar mandi dan cucian mengalir. Pastikan saluran ini dan septic tank masih berfungsi dengan baik sehingga tidak menimbulkan masalah kebersihan, kesehatan dan tidak mengganggu tetangga.

* Cek saklar
Periksalah saklar dan stop kontak semua ruangan. Anda bisa mengetesnya dengan membawa dan memasang satu lampu. Atau gunakan saja test pen.

* Cek lantai
Apakah ubin masih terpasang dengan baik, adakah yang retak? Hati-hati jika mengetok ubin dan terdengar kosong karena suatu saat bisa retak. Apakah ada kebocoran dari lantai saat hujan?

* Cek pintu dan jendela
Pintu dan jendela yang baik tidak akan susah dibuka-tutup dan dapat dikunci dengan baik. Pastikan panel pintu dan jendela masih berfungsi dengan baik dan tidak diseret ketika dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...